Ketua BNSP Apresiasi Pencapaian Unpam

LSP – Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Republik Indonesia, Ir Sumarna F Abdurrahman mengapresiasi pencapaian Universitas Pamulang (Unpam). Baik itu dalam hal pencapaian kualitas pendidikan, kelengkapan infrastruktur, maupun kuantitas mahasiswa. Menurut Sumarna, progres Unpam sangat luar biasa.

“Saya dengan Unpam ini sebenarnya tetangga, karena rumah saya cukup dekat dengan Unpam. Jadi saya pantau perkembangan Unpam, dan hasilnya luar biasa. Semakin merasa kagum saya ketika melihat fasilitas Unpam begitu megah. Tak heran kalau mahasiswanya mencapai 85 ribu,”kata Sumarna dalam acara pembukaan pelatihan calon asesor Unpam belum lama ini.

Menurutnya, upaya Unpam yang saat ini sedang berproses untuk membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) juga merupakan suatu pencapaian positif. Hal ini juga merupakan langkah yang tepat karena kedepan, alumni-alumni perguruan tinggi harus bersaing dengan pasar tenaga kerja internasional karena adanya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Jadi kalau sudah punya LSP, mahasiswa diarahkan untuk mengikuti uji kompetensi. Bagi yang lulus uji kompetensi tersebut, maka nanti outputnya mereka akan punya sertifikat yang dapat dijadikan sebagai pendamping ijazah,”tuturnya.

Sumarna menambahkan, tenaga kerja yang akan memenangkan persaingan ke depan adalah mereka yang memiliki kompetensi. Dirinya bersyukur bahwa mulai tahun ini fokus Presiden Jokowi adalah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh karena itu, kebijakan anggaran untuk memberikan akses layanan uji kompetensi sertifikasi profesi juga ditingkatkan.

“Tidak hanya itu, sekarang ini pemerintah juga sedang merancang bahwa perusahaan-perusahaan akan diberikan kompensasi khusus apabila merekrut tenaga kerja yang kompeten dengan dibuktikan melalui sertifikat uji kompetensi,”bebernya.(*)