Ketua BNSP Apresiasi LSP Unpam

 

img-20190822-wa0018

LSP Unpam – Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Kunjung Masehat mengapresiasi langkah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Pamulang (Unpam) yang melaksanakan kembali pelatihan calon asesor, Senin (19/08/2019). Menurut Kunjung, dirinya merasa bangga kepada Unpam karena telah menjadi lembaga pendidikan yang membuka selebar-lebarnya kesempatan belajar di perguruan tinggi kepada masyarakat luas.

“Saya tahunya Unpam itu hanya yang di Pamulang (Unpam Pusat-red), makanya saya kaget ternyata Unpam sebesar ini,”ucap Kujung dalam penyampaian materinya.

Dengan rata-rata peserta uji kompetensi per-bulan mencapai 1.000 mahasiswa, langkah LSP Unpam untuk menambah jumlah asesor sudah benar. Sebab, apabila asesor terlalu banyak mengases mahasiswa, dapat mengganggu objektivitasnya. Oleh karena itu, banyaknya jumlah asesi harus diimbangi dengan peningkatan jumlah asesornya.

“Saya berharap penambahan jumlah asesor ini nanti akan berdampak positif bagi kualitas penyelenggaraan asesment di Unpam. Tentunya, nanti kami (BNSP, red) juga akan memantau secara langsung untuk memastikan bahwa SOP BNSP dilaksanakan dengan baik,”ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua LSP Unpam Iin Rosini, SE., M.Si melaporkan, pelatihan calon asesor kali ini diikuti oleh 48 dosen. Acaranya akan terselenggara selama 5 hari. Pelatihan ini memang sangat diperlukan karena pihaknya masih kekurangan asesor khususnya untuk skema-skema dengan jumlah asesi yang banyak.

“Kami uji kompetensi sebulan sekali. Dalam sebulan tersebut, rata-rata ada 1.000 mahasiswa yang mengikuti. Jadi asesornya perlu ditambah agar seimbang,”ucapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor 2 Unpam, Dr. Subarto, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, bila calon asesor ini sudah dinyatakan lulus sebagai asesor, maka total asesor yang akan dimiliki LSP Unpam baru sekitar 120 dosen. Apabila dilihat dari persentasenya, jumlah ini baru sekitar 10% lebih dari total dosen Unpam.

“Padahal kita ingin lebih banyak lagi dosen yang terlibat dalam LSP. Jadi kedepannya, kemungkinan perlu dilaksanakan kembali pelatihan calon asesor seperti ini,”ucapnya.

Berdasarkan pantauan, setelah acara pembukaan, Ketua Yayasan Sasmita Jaya, Dr (HC) H Darsono mengajak Ketua BNSP berkeliling kampus Viktor. Ketua BNSP bahkan sempat diperlihatkan beberapa ruangan yang akan dipergunakan untuk pusat pelaksanaan uji kompetensi, teleconferrence, inkubasi bisnis digital, hingga perpusatakaan.

Di samping itu, Ketua Yayasan juga memberikan gambaran mengenai visi besar Unpam kedepan. Informasi-informasi ini ternyata dapat membuat Ketua BNSP semakin terpukau dengan Unpam. Bahkan, Ketua BNSP mengaku siap untuk mendukung Unpam dalam hal pelatihan, pembimbingan, dan pendidikan sumber daya manusianya.(*)