Raker LSP Unpam Dorong Peningkatan Kualitas Mahasiswa

LSP Unpam – Ketua Yayasan Sasmita Jaya, Dr (HC) Drs. H Darsono menghadiri Rapat Kerja (Raker) Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Pamulang (Unpam), Senin 11 Februari 2020 di Kampus Viktor. Dalam kesempatan itu, Ketua Yayasan menekankan pentingnya upaya peningkatan kualitas mahasiswa melalui sinergitas antara program studi, LSP, dan lembaga-lembaga di Unpam lainnya.

“Kalau dilihat persentase jumlah mahasiswa yang kompeten, saya rasa kita perlu melakukan evaluasi bersama. Seharusnya mahasiswa yang akan diuji kompetensi itu sudah menguasai materi-materi yang akan diujikan karena mereka sudah mendapatkannya di perkuliahan. Adanya pelatihan lebih kepada review atau mengingatkan kembali saja,”ucapnya.

Ketua Yayasan melanjutkan, perlu dicari penyebab pasti mengapa masih banyak mahasiswa yang tidak kompeten. Apakah dosennya, apakah pelatihnya, atau memang dari mahasiswanya yang sulit. Tapi tentu tugas kita bersama untuk meningkatkan kualitas mahasiswa secara terus-menerus.

“Saya mengapresiasi apa yang telah dicapai oleh LSP Unpam. Meskipun baru satu tahun berdiri, tapi sudah banyak inovasinya,”imbuhnya.

Di tempat yang sama, Rektor Unpam, Dr. H Dayat Hidayat, M.M mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi perjuangan pengurus harian LSP untuk ikut serta mendukung peningkatan kualitas mahasiswa untuk mewujudkan tercapainya visi misi Unpam. Pihaknya berharap, LSP terus menjaga kredibilitas dan profesionalitas untuk menjamin kualitas pelaksanaan asesment.

“Saat ini kebijakan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi hampir tidak terlihat perbedaan antara pendidikan vokasi dengan formal di perguruan tinggi. Hal ini karena mahasiswa yang bukan program diploma juga perlu magang 3 semester. Artinya, mahasiswa kita harus benar-benar menguasai lapangan, sehingga perlu memiliki kompetensi yang memadai,”tuturnya.

Keberadaan LSP Unpam kata Rektor, menjadi sarana untuk mewujudkan kompetensi tersebut. Oleh karena itu, LSP harus terus semangat, bekerja keras, dan pantang menyerah untuk terus berinovasi. Berbenah, memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas.

Sementara, Ketua Panitia Raker, Indah Pertiwi, M.Pd mengatakan, tujuan Raker ini adalah mengevaluasi pelaksanaan uji kompetensi setahun terakhir, memperbaiki dokumen-dokumen fundamental LSP seperti visi misi, pedoman mutu, hingga renstra. Tidak hanya itu, Raker ini juga merumuskan program kerja yang akan dilaksanakan 1 tahun kedepan.(*)