Bentuk LSP, Unpam Fokus Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa

LSP Unpam – Secara kuantitas, Universitas Pamulang telah menjadi salah satu Perguruan Tinggi terbesar di Indonesia dengan hampir 84.000 mahasiswa. Oleh karena itu, Unpam kini benar-benar fokus meningkatkan kualitas, khususnya yang berkaitan dengan kompetensi mahasiswa. Salah satu upaya mencapai hal itu, Unpam membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Hingga saat ini, progres pembentukan LSP sudah mendekati final karena kini Unpam telah memiliki 72 asesor kompetensi. Jika tidak ada aral merintang, lisensi LSP akan diberikan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) pada akhir bulan Oktober ini. Dengan demikian, bulan November mendatang, LSP Unpam sudah dapat melaksanakan uji kompetensi.

Rektor Unpam Dr. Dayat Hidayat, MM mengatakan, upaya pendirian LSP Unpam ini adalah bagian dari manajemen penyelenggaraan Perguruan Tinggi yang berkualitas secara berkelanjutan. Hingga saat ini, jumlah mahasiswa Unpam berada pada kisaran angka 80 ribu mahasiswa, sehingga apabila mereka berhasil menjadi sumber daya manusia yang kompeten, tentu dapat menjadi salah satu faktor peningkatan daya saing negara.

“Secara kuantitas Alhamdulillah kita sudah menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia. Maka dari itu, kita harus terus meningkatkan kualitas. Agar visi kita yaitu menjadi Perguruan Tinggi peringkat 40 besar di Indonesia dapat tercapai,”ucapnya.

Sementara, Ketua Yayasan Sasmita Jaya, Dr. (HC) H Darsono mengatakan, pihaknya akan terus berupaya untuk mencetak lulusan yang kompeten dan siap kerja. Oleh karena itu, pihaknya menginginkan adanya LSP Unpam agar kompetensi lulusan dapat terjamin dan diakui oleh negara dengan bukti otentik berupa sertifikat.

“Kita itu tujuannya untuk membantu masyarakat, khususnya yang berkemampuan ekonomi rendah agar bisa kuliah dan menjadi pintar sehingga bisa memperbaiki kehidupan sosialnya,”tegasnya.(*)