LSP Unpam Support Pendirian LSP SMK Sasmita Jaya

LSP Unpam – Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Pamulang (Unpam) membantu pendirian LSP SMK Sasmita Jaya sampai dengan proses wittness dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Sabtu 29 Mei 2021. Akan tetapi, peran LSP Unpam lebih kepada mengarahkan, memberikan pandangan, serta memberikan pendampingan dalam penyusunan dokumen maupun persyaratan-persyaratan lain dalam pendirian LSP SMK Sasmita Jaya tersebut. Alhasil, apabila tidak ada aral melintang, surat lisensi untuk LSP SMK Sasmita Jaya diperkirakan akan keluar dalam seminggu kedepan.

“Jadi peran kita sebatas mengarahkan saja. Penyusunan dokumen dan persyarakatan-persyaratan lain itu disiapkan dan disusun oleh internal LSP Sasmita sendiri,”kata Ketua LSP Unpam, Dr. Iin Rosini, S.E., M.Si di tengah-tengah acara wittness BNSP ke LSP SMK Sasmita Jaya.

Menurut Iin, pihaknya bersyukur karena internal manajemen LSP SMK Sasmita Jaya tergolong mampu mempertanggungjawabkan proses asesesmentnya di depan BNSP dalam wittness kemarin. Hal ini menunjukan bahwa LSP SMK Sasmita Jaya siap untuk memulai aktivitas manajemennya dalam penyelenggaraan sertifikasi profesi tenaga kerja. Pihaknya juga berharap, LSP SMK Sasmita Jaya senantiasa menjaga aturan serta norma standar yang berlaku dalam pelaksanaan asesmen.

“Asas-asas pelaksanaan asesmen harus dijaga agar profesionalisme dan kredibilitas LSP dapat dipertanggungjawabkan,”pesannya.

Berdasarkan pantauan, pelaksanaan wittness terbilang lancar. Proses wittness bahkan melibatkan Ketua BNSP, Kunjung Masehat. Dalam kesempatan tersebut, Ketua BNSP memberikan pengarahan baik itu kepada pengelola LSP maupun asesor untuk mematuhi regulasi dan standar operasional prosedur yang ditetapkan. Menurutnya, asesor harus profesional dan tegas, bukan seperti ketika saat mengajar di kelas.

“Ini para asesor kebanyakannya adalah para guru, asesment itu bukan seperti sedang mengajar. Jadi, harus benar-benar profesional,”imbuhnya.

Dalam wittness tersebut, terdapat 3 aspek yang perlu direvisi. Meskipun diberikan 5 hari untuk memperbaiki, namun LSP SMK Sasmita Jaya telah mengirimkan hasil revisian sebagaimana dimaksud pada hari itu juga. Sebagaimana diketahui, Unpam dan SMK Sasmita Jaya masih berada pada satu naungan Yayasan Sasmita Jaya. Oleh karenanya, LSP Unpam diberikan tugas untuk mendukung pendirian LSP SMK Sasmita Jaya dari awal hingga akhir.(*)