Unpam Miliki Puluhan Asesor Kompetensi Baru

LSP Unpam – Meskipun secara de jure lisensi untuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Pamulang (Unpam) memang belum turun, namun kini LSP Unpam sudah memiliki tambahan 72 asesor kompetensi baru. Hal ini dipastikan setelah mereka dinyatakan lulus sertifikasi profesi untuk skema asesor kompetensi oleh master asesor yang ditugaskan langsung oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Sebelum ujian, para calon asesor terlebih dahulu dilatih secara intensif selama 4 hari berturut-turut oleh para master asesor. Meteri pelatihannya antara lain tentang merencanakan dan mengorganisasikan asesmen (MMA), mengembangkan perangkat asesmen (MPA), dan mengases kompetensi (MAK). Tidak sekedar pelatihan, para calon asesor juga diberikan tugas mengenai ketiga aspek tadi.

Setelah melalui pelatihan dan ujian yang cukup melelahkan akhirnya para calon asesor Unpam dinyatakan lulus. Mereka merupakan asesor kompetensi pada 17 skema uji kompetensi yang berbeda-beda. Misalnya seperti skema KKNI level V dan VI Akuntansi, KKNI Level VI Manajemen, dan lainnya. Tidak hanya skema KKNI, LSP Unpam juga merancang skema okupasi.

Ketua Yayasan Sasmita Jaya, Dr (HC) H Darsono berharap, ke depannya LSP Unpam dapat menambah sebanyak mungkin asesor kompetensi. Bila perlu, semua dosen Unpam didaftarkan menjadi asesor, karena kebutuhan uji sertifikasi profesi mahasiswa Unpam sangat besar.

“Kita ini Alhamdulillah mahasiswanya banyak, jadi kalau hanya 70 atau 100 asesor, tentu kurang. Jadi ini tahap awal saja, ke depannya semua dosen kalau bisa jadi asesor,”ucapnya.(*)